Inilah 11 Cara Bikin Konten Youtube Dapat Uang

Bagaimana cara dapat uang dari youtube? Ini salah satu pertanyaan yang sering muncul dari pemula. Bikin konten seperti apa sih? Yang jelas kamu harus punya ide yang bagus dan menarik untuk channel kamu. Ya, tentu saja itu adalah salah satu faktor yang penting dalam membangun channel youtube kamu agar cepat berkembang dan memiliki ribuan sampai jutaan subscriber. Apa saja langkah awal yang harus kamu persiapkan sebagai youtuber baru?

Mari kita simak beberapa analisa berikut dalam upaya membuat dan mengembangkan channel youtube kamu agar terlihat profesional, unik, bermanfaat, menarik, dan pastinya bisa menghasilkan uang. Yuuuk….

Sebagai langkah awal seorang pemula di dunia konten kreator youtube, ada 3 faktor penting yang harus kamu pelajari.

  1. Lakukan Analisa Program Yang Sudah Ada

Pada umumnya youtuber pemula sangat sering melewatkan tahap ini. Dalam istilah blogger reasearch keywords pada youtube terlebih dahulu. Ini bertujuan agar channel yang sedang kamu rintis memiliki kesempatan besar untuk branding dan terkenal. Kamu juga dapat mencari apa saja yang berpotensi untuk dikembangkan. Misal kamu buka-buka youtube dan cari konten video luar negeri yang belum ada di tanah ari kita ini, Indonesia. Mungkin kamu bisa bikin konten dari situ.

Oya, saran saya juga kamu jangan terlalu berambisi agar dapat uang dari youtube. Hal ini nanti akan menjadi beban pikirin, dan alhasil bisa membuat kamu putus asa. Sudah membuat konten banyak, namu masih sepi viewer atau penonton, sedikit sekali subscriber, akhirnya berhenti. Jangan seperti itu.

Makanya kamu harus lakukan riset program youtube ini. Agar kamu bisa menentukan jenis video yang akan menjadi niche utama channel kamu.

  1. Konsisten Membuat Dan Upload Video

Kamu pada tahukan, tidak mudah untuk menjadi seorang youtuber. Harus kerja keras. Nah, salah satunya adalah konsisten. Buat video dan upload setiap hari. Bisa 2 video atau lebih. Algoritma Google dan Youtube suka dengan channel yang update. Jangan lelah dalam 1,2, atau 3 bulan pertama apalagi sebagai seorang pemula. Ini nantinya bisa menjdi faktor penentu kesuksesan kamu sebagai konten kreator. Cari ide yang menarik disekitar kamu, apa saja hal yang bagus dan bermanfaat untuk penonton.

  1. Jangan Sesekali Reupload Dan Menggunakan Media Berhak Cipta

Poin ini sangat penting untuk kamu perhatikan. Jangan hanya berambisi mengejar ketentuan Youtube agar channel kamu bisa di monetisasi untuk menghasilkan uang. Jangan! Dalam membuat konten, usahakanlah originalitas dan menggunakan media pendukung yang free royalty alias tidak mempunyai claim hak cipta. Pahamkan??

Lalu bagaimana dengan peralatan yang dibutuhkan? Seorang pemula terkadang hanya mempunyai hp smartphone saja, namun ini bukanlah halangan untuk berkreativitas. Materi yang kita sampaikan akan jauh lebih membantu.

Masih semangatkan? Yuk kita lanjut ke pembahasan ide konten bikin video youtube agar kamu dapat uang. Dan saya sudah merangkum 15 cara yang bisa kamu lakukan. Yuk ah simak lagi….

Udah pada tahukan konten seperti apa yang ingin kamu buat? Jika iya, kini kamu bisa lanjut belajar cara membuat konten agar dapat uang dari YouTube. Saya ingatkan lagi, selalu awali dengan konten menarik dan berkualitas.

  1. Tentukan Jenis Konten Channel Youtube Yang Cocok Dengan Kamu

Ada banyak jenis konten yang dapat kamu pilih, namun sebaiknya kamu memilih konten yang sesuai dengan kesukaan dan keahlian kamu. Beberapa jenis konten youtube yang bisa dijadikan referensi sebelum membangun channel;

PENDIDIKAN

Konten-konten pembelajaran yang dikemas dalam sebuah video. Mungkin banyak dari kita yang sangat malas membaca, apalagi artikelnya sangat panjang. Nah, kamu dapat menjadikan artikel tersebut dalam sebuah kemasan video yang menarik.

KECANTIKAN

Beauty atau kecantikan merupakan salah satu tema yang sangat populer di Indonesia. Tema ini cocok untuk kamu yang suka dandan, fashion, make up, cara berhijab, dan sebagainya.

KULINER

Akhir-akhir ini tema kuliner sangat banyak dicari di youtube. Wisata kuliner istilahnya. Tema ini juga sangat banyak ragamnya, mulai dari demo memasak, review makanan, promosi makanan khas. Jika kamu salah satu yang suka dengan makanan, tema ini sangat cocok.

Apakah konten ini dapat menghasilkan uang? Tentu saja!

TEKNOLOGI

Tema ini banyak dicari kaum millenial yang suka dengan gadget. Review laptop dan komputer, smartphone, smartwatch, cara membuat website atau blog, cara bisnis online, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan teknologi.

GAME

Tema ini juga sangat hits dikalangan anak muda. Terlebih kamu pecinta game. Tema ini mungkin bisa kamu kembangan dengan baik.

HIBURAN

Wow, tema ini sangat banyak dicari. Mulai dari anak-anak sampai orang tua. Sebagai contoh kamu bisa membuat konten yang fokus pada anak-anak.

  1. Riset Keywords

Keywords adalah kata kunci, deretan kata dan kalimat yang sering dimasukkan dalam kolom pencarian youtube. Ini sangat penting kamu lakukan, agar video yang dibuat tepat sasaran. Kamu juga dapat memanfaatkan kata kunci yang sedaang trend. Silahkan cek di Google Trend, dan rubah ke pencarian youtube.

  1. Bikin High Retention Video

Barangkali istilah high retention video cukup asing untuk kebanyakan orang. Maksud high retention video adalah rata-rata persentase video yang ditonton. Contohnya, kamu mengunggah video berdurasi 15 menit dan rata-rata orang hanya menonton video itu selama 8 menit. Artinya tingkat retensi video Anda adalah 51 persen.

YouTube tentu lebih mengutamakan video dengan retensi tinggi karena dapat membuat orang lebih lama menghabiskan waktu di platformnya. Semakin tinggi rata-rata retensi video kamu, semakin besar kemungkinan akan muncul di deretan teratas hasil pencarian YouTube.

Selama kamu membuat ide video yang bagus, menarik, berkualitas, dan sesuai dengan kebutuhan penonton, video kamu berpotensi untuk mencapai angka retensi yang tinggi.

  1. Optimasi Judul dan Deskripsi

First impression matters. Kesan pertama selalu penting. Hal ini juga berlaku untuk konten video YouTube kamu. Secara garis besar membuat judul untuk artikel blog dan video YouTube tidak begitu jauh berbeda.

Kamu harus merangkum semua konten video dalam satu kalimat saja. Judul video YouTube kamu harus singkat, jelas, dan tentunya mengandung fokus keyword yang menjadi target.

Selain judul, deskripsi video juga tak kalah penting. Deskripsi video sangat membantu YouTube dan Google untuk memahami konteks video kamu.

Pertama, bikin deskripsi video minimal 250 kata. Kedua, masukkan fokus kata kunci yang kamu targetkan di 25 kata pertama.

  1. Manfaatkan Tags

Isi tag sesua dengan kata kunci dan audiens yang ditargetkan. Saya rasa kamu paham dengan ini.

  1. Buat Call to Action di Video

Pasti kamu sering melihat ini ketika menonton video di YouTube. Konten kreator sering mengatakan hal seperti, “Jangan lupa like dan subscribe” atau “Link ada di deskripsi ya”.

Apa yang dikatakan oleh konten kreator tersebut adalah contoh dari call to action. Mereka mengingatkan kita sebagai penonton untuk melakukan tindakan yang menguntungkan, baik itu like, subscribe, komentar, atau klik link di deskripsi.

  1. Promosikan Video di Media Sosial

Ini cara yang bisa kamu lakukan untuk mendatangkan pengunjung ke channel youtube kamu. Semakin banyak pengunjung akan semakin bagus untuk perkembangan kanal youtube kamu.

  1. Kerjasama Dengan Brand

Biasanya kita menyebutnya endorsment. Kamu juga dapat menghasilkan uang dengan cara ini. Syaratnya channel youtube kamu sudah memiliki banya subscriber.  Hehehe… Semakin banyak subscriber biasanya biaya endorsment akan semakin tinggi. Misal kamu mendapatkan job dari salah satu brand untuk mereview produknya.

  1. Menjadi Affiliate Marketer

Sistem affiliate bisa juga kita sebut sistem komisi. Dimana jika seseorang membeli sebuah produk dari link kamu, kamu akan mendapatkan komisi dari penjulan tersebut. Banyak produk affiliate diluar sana yang bisa kamu manfaatkan.

  1. Monetisasi Channel YouTube

Cara mendapatkan uang dari YouTube yang paling banyak disukai adalah melakukan monetisasi channel dengan google Adsense. Jika video dimonetisasi, penonton video di channel YouTube kamu akan melihat penayangan iklan sebelum video dimulai.

Agar bisa melakukan monetisasi Adsense, kamu harus memenuhi syarat-syarat yang sudah ditentukan oleh YouTube. Berikut adalah beberapa syarat monetisasi YouTube yang harus kamu penuhi:

Tidak menayangkan video tentang peristiwa sensitif, kontroversial, narkoba dan sejenisnya, tindakan berbahaya, ujaran kebencian, perilaku bernuansa se*sual, dan tindakan kekerasan.

  • Memiliki lebih dari 4000 jam waktu tonton publik selama 12 bulan terakhir.
  • Memiliki lebih dari 1000 subscriber.
  • Memiliki akun Google AdSense yang ditautkan.
  1. Jual jasa dan Produk Sendiri

Poin ke-11 ini tentu saja membuat youtube kamu bisa menghasilkan uang. Kamu hanya perlu mereview produk kamu.  Kamu dapat menjual apa saja via YouTube. Laptop, gadget, alat berat, buku, property, barang furnitur, alat masak, berbagai produk kecantikan, jasa desain grafis, jasa video editing, dan lain sebagainya.

Bagaimana? Apakah kamu sudah sedikit paham dengan 11 penjelasan diatas? Mudah-mudahan artikel ini bisa menjadi pedoman untuk melahirkan ide dalam pembuatan konten video yang bagus, menarik, dan bermanfaat pada channel youtube kamu dan pada akhirnya youtube bikin dapat uang banyak. Hehehe….

Silahkan komen yach…. Mana tau ada pertanyaan dan ide lain yang membangun dari teman-teman semua. Semoga sukses…..

Salam

merakidigital.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *